Sabtu, 21 April 2018 | 19:38
48

Bibit dan Pupuk Hambat Ketahanan Pangan di Sikka

PASOKAN bibit dan pupuk yang selalu terlambat sampai ke tangan petani menjadi hambatan utama penyuksesan Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Sikka. Keterlambatan itu terjadi karena bibit dan pupuk didatangkan dari Pulau Jawa. Para penyalur pupuk dan bibit yang ditunjuk pemerintah diminta untuk mengatasi persoalan tersebut.

 
Demikian dikatakan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera dalam acara penandatanganan nota kesepahaman Pemkab Sikka bersama TNI AD dari Makodim 1603/Sikka serta rapat koordinasi peningkatan produksi beras nasional, Senin (27/4) siang, di Aula Henrich, Kota Maumere.

 
“Kalau memang harus didatangkan dari Jawa, kirim pakai pesawat apa susahnya. Pupuk itu harus ada langkah antisipatif. Harus ada cadangan pupuk. Jangan sampai orang baku rebut, sehingga yang lainnya tidak kebagian pupuk. Hal ini selalu terjadi dari tahun ke tahun di Kabupaten Sikka,” tegas Ansar Rera.

 
Karena itu, kata dia, untuk mewujudkan Program Swasembada Pangan, Pemkab Sikka juga menggandeng TNI AD. TNI AD diberikan tanggung jawab untuk menggerak masyarakat, sehingga dengan keterlibatan TNI AD ini, kedisiplinan petani dapat ditingkatkan. Pemerintah dan masyarakat harus menyambut baik niat TNI AD.

 
Dia mengakui, banyak bantuan dari Pemerintah Pusat yang dikucurkan kepada kelompok-kelompok tani di Sikka, tetapi tanpa hasil. “Jangan terima habis diam. Seperti yang lalu itu senilai Rp 100 juta per kelompok tani, tetapi hasilnya nol,” kata Ansar.

 
Ia berharap, dengan dengan adanya keterlibatan TNI AD dapat meningkatkan disiplin para petani dalam berkelompok serta disiplin dalam memanfaatkan dana dari Pemerintah Pusat.
Dandim 1603/Sikka Letkol Inf Satya Wardhana mengatakan, siap mewujudkan kesepakatan dalam nota kesepahaman tersebut.

 

Ia berjanji, seluruh Koramil di wilayah Kodim 1603/Sikka akan mengawal dan melakukan pendampingan kepada masyarakat. “Termasuk mengawal proses pendropingan bibit dan pupuk kepada petani di wilayah Kabupaten Sikka,” tegasnya. (C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz