Minggu, 22 April 2018 | 18:28
6

Aset Puskopdit BK3D Timor Rp 559 M

PUSAT Koperasi Kredit (Puskopdit) Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah (BK3D) Timor akan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2014 di Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Jumat (24/4). Hingga Desember 2014, Puskopdit yang membawahi 27 koperasi kredit (Kopdit) ini mencapai Rp 559 miliar lebih.

 
Ketua Puskopdit BK3D Timor Lamber Kaha yang didampingi para pengurus kepada wartawan, di kantor Puskopdit BK3D Timor, Selasa (21/4) menjelaskan, Puskopdit BK3D
Timor membawahi 27 Kopdit yang tersebar di Pulau Timor, Kabupaten Alor, Rote, dan Sabu Raijua. Selain aset yang lebih dari setengah triliun, kata Lamber, anggota Puskopdit BK3D Timor hingga Desember 2014 sebanyak 69.490 orang.

 

Pertumbuhan anggota akan bertambah dari waktu ke waktu. Dia mengatakan, hal lain yang membedakan perjalanan Puskopdit pada tahun ini yakni soal santunan. Santunan
bagi anggota yang mengalami musibah sebelumnya Rp 30 juta, naik menjadi Rp 50 juta. Selain itu, pinjaman yang sebelumnya hanya Rp 100 juta naik menjadi Rp 150 juta. Semua ini diatur melalui Dana Perlindungan Bersama (Daperma).

 
Ketua Pengawas Puskopdit Swastisari Rere Paulina Bibiana menambahkan, untuk menjadi anggota Puskopdit, harus memenuhi lima kriteria wajib. Lima kriteria ini bersifat paket, sehingga semuanya harus dipenuhi. Krietria tersebut yakni wajib pendidikan, wajib solidaritas, wajib simpan pinjam, wajib audit, dan wajib IT. “Syarat ini membuat semua Kopdit tidak bergabung di sini,” kata Bibiana.

 
Manajer Puskopdit BK3D Timor Donatus Anggul menambahkan, karena syarat bergabung sifatnya wajib, maka ada Kopdit yang hanya menjalankan simpan pinjam dan empat syarat wajib lainnya tidak dipenuhi, maka Kopdit tersebut tidak bisa bergabung.

 

Dibuka Gubernur RAT Puskopdit BK3D Timor akan dibuka Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan dihadiri Ketua Inkopdit Romanus Woga. RAT juga diisi dengan kegiatan semiloka. Lamber Kaha menjelaskan, sehari sebelum pembukaan RAT, ada kegiatan sosialisasi Daperma bagi pengurus Kopdit.

 

Sementara pada hari kedua, setelah dibuka Gubernur, diadakan semiloka dengan narasumber Ketua Inkopdit Romanus Woga tentang Sistem Pengelolaan Kopdit yang Baik. Masih pada hari kedua, akan dilaksanakan jalan santai bersama dengan melibatkan anggota dari tiga Kopdit di TTS yang masuk dalam keanggotaan Puskopdit BK3D Timor.

 

Acara ini diisi dengan undian door prize. Sedangkan agenda pada hari ketiga yakni penyampaian laporan pertanggungjawaban Ketua Puskopdit di hadapan para pengurus serta utusan  dari semua kopdit di bawah Puskopdit. (C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz