Jumat, 23 Februari 2018 | 02:37

April, Dana Desa Tahap Pertama Cair

BADAN Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kupang menargetkan pencairan Dana Desa tahap I akan tuntas sebelum akhir April. Sementara, penyampaian laporan pertanggungjawaban Dana Desa tahun sebelumnya akan dituntaskan hari ini, Jumat (1/4).
Hal ini disampaikan Kepala BPMPD Kabupaten Kupang Yohanis Masneno, kepada VN, Kamis (31/3), terkait jadwal pencairan Dana Desa Tahun Anggaran 2016.
Ia mengatakan, ada 160 desa di Kabupaten Kupang yang mendapat alokasi Dana Desa Tahun 2016. Dari semua desa tersebut, belum ada satu pun yang Dana Desanya dicairkan.
Hal ini, kata dia, terkendala belum tuntasnya penyampaian LPj penggunaan Dana Desa tahun 2015. “Memang sebagian besar desa sudah menyampaikan pertanggungjawaban Dana Desa tahun lalu, tetapi masih ada desa yang masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan terkait laporan pertanggungjawaban keuangannya. Ini bukan kendala yang terlalu besar. Jumlah desa yang saat ini masih melakukan perbaikan laporan sebanyak 50 desa,” jelasnya.
Dia mengakui, usulan untuk pencairan Dana Desa ke Kementerian Keuangan baru dapat dilakukan setelah semua pertanggungjawaban tahun sebelumnya tuntas. “Nanti awal April kami akan menghadap Kementerian Keuangan untuk menyampaikan usulan pencairan Dana Desa tahap awal tahun 2016,” jelasnya.
Total alokasi Dana Desa untuk 160 desa di Kabupaten Kupang tahun ini sebesar Rp 100,7 miliar lebih. Sementara total dana yang akan dicairkan pada tahap I sebesar Rp 40,2 miliar lebih.
Pantauan VN, Kamis (31/3) puluhan kepala desa dan juga aparatur pemerintahan desa lainnya berada di lantai I Kantor BPMPD Kabupaten Kupang. Aparatur pemerintah desa tampak sibuk memperbaiki laporan pertanggungjawaban keuangan desa tahun 2015 yang difasilitasi para staf dari BPMPD Kabupaten Kupang.
Menanggapi hal tersebut Sekretaris Fraksi Nasdem Kabupaten Kupang Benediktus Humau menyarankan agar BPMPD Kabupaten Kupang harus proaktif untuk mendampingi pemerintahan desa dalam merampungkan laporan Dana Desa. BPMPD kata dia, harus membentuk tim khusus yang bertugas menjemput laporan dari setiap desa. Tim tersebut bekerja dan melakukan pendampingan selema tenaga pendamping desa belum ada di desa-desa. “Ini kan kendalanya di tingkat desa, dubutuhkan langkah proaktif dari BPMPD,” jelasnya. (yan/C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz