Jumat, 20 April 2018 | 16:55
16

Anggota Dewan Sarai Bertemu Masyarakat

ANGGOTA DPRD Sabu Raijua melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Raemadia, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) yang berada di lokasi yang direncanakan untuk pembangunan tambak garam oleh Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sarai.

 
Pertemuan itu dilaksanakan di rumah Kadja Haga, Selasa (14/4) di Wuihebo, dusun tiga, Desa Taemedia. Pertemuan tersebut dipandu Bonefasius Ngahu Nade, dan dihadiri semua masyarakat di sekitar lokasi. Pertemuan itu dihadiri Ketua DPRD Sabu Raijua Paulus Rabe Tuka, Wakil Ketua I Ruben Kale Dipa, Ketua Badan Kehormatan DPRD Donserses Nara Lulu, Ketua Komisi I Albert Wadu Dari, Ketua Komisi II Yusak Musa Robo, dan Ketua Komisi III Leonidas VC Adoe.

 
Pantaun VN, pada saat Wakil Ketua Ruben Kale Dipa menjelaskan tentang program tambak garam, karena dirinya yang mengetuk palu persetujuan pada saat sidang perubahan 2014, masyarakat berteriak dan meminta tidak perlu menjelaskan. Karena masyarakat tidak perlu tambak garam, tetapi yang mereka perlukan adalah lahan dan semua pohon tuak dan kelapa yang berada di lokasi tersebut, karena itulah hidup mereka.

 
Baca Petisi Dalam pertemuan tersebut, perwakilan masyarakat penolak tambak garam Rin Kadja membacakan petisi penolakan pembangunan tambak garam yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarai. Alasan penolakan warga, karena sebagian tanah, pohon kelapa, dan ribuan pohon tuak serta sebagian besar rumah akan dihancurkan, dan dimusnahkan karena pembangunan tambak garam tersebut.

 
selain itu, menurut petisi itu, masyarakat di sekitar lokasi tersebut merupakan petani, dan hidup dari iris tuak sejak nenek moyang menempati lokasi tersebut. Petisi tersebut ditandatangan n80 kepala keluarga yang menolak rencana pembangunan tambak garam.

 
Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kabupaten Sarai Paulus Rabe Tuka mengatakan, semua program yang dilakukan Pemkab Sarai pada prinsipnya adalah dari kita, dan untuk kita. Karena itu, apabila ada sekelompok masyarakat dirugikan oleh suatu program, maka itu sangat keliru sebab tidak seperti itu. (yul/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz