Sabtu, 21 April 2018 | 19:34
13

Aneka Sayur di Gerobak Motor

WAKTU menunjukkan pukul 04.00 Wita, saat VN melewati Jalan El Tari, tepatnya di depan Klinik Kartini, samping Tugu HKSN, beberapa unit motor dipenuhi gantungan kantong plastik berisi sayuran-mayur berjejer rapi. Sementara beberapa laki-laki berumur sekitar 30-an tahun terlihat sibuk memisahkan beberapa jenis sayur ke beberapa kantong yang berbeda-beda.

 
Kehadiran VN tidak membuat mereka terusik dari kesibukannya sebagai pedagang sayur menggunakan motor. Berbagai jenis sayur seperti wortel, labu jepang, bunga pepaya, nangka, di potong kecil-kecil, kemudian dimasukkan ke dalam plastik berukuran kecil.

 
Aktivitas tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para pedagang sayur menggunakan motor, sebelum keliling Kota Kupang menjajakan dagangannya. Beberapa pedagang mengungkapkan bahwa hanya orang tekun dan ulet saja yang mau berdagang seperti ini. “Untungnya sedikit saja. Namun ada niat lain yang ada dihati apabila ibu-ibu yang berada di kompleks perumahan dan jauh dari pasar bisa membeli barang dagangan kami,” ujar Narto, salah seorang pedagang sayur, yang tinggal di Kelurahan Naikoten 1.

 
Menurut Narto, dia dan beberapa temannya yang berprofesi sama sejak pukul 02.00 Wita sudah menuju Pasar Inpres Naikoten 1 untuk membeli berbagai jenis sayur, bumbu basah dan kering, tempe dan tahu, kelapa parut dan buah, pisang dan ubi, dan jenis sayur lainnya.

 
Setelah membeli semua kebutuhan sayur itu, kembali berkumpul di tempat ini, yakni depan Klinik Kartini, untuk membagi sayur-mayur itu, dimasukkan dalam plastik, kemudian di jual ke perumahan BTN Kolhua, perumahan RSS Baumata, dan perumahan RSS Oesapa. “Hampir semua perumahan kami masuk, karena disitu pangsa pasar lebih bagus,” ujarnya.

 
Dia mengatakan, tidak banyak memang orang yang mau berprofesi seperti ini. Karena, ada yang bilang lebih baik ke pasar daripada belanja seperti ini. “Namun di dalam setiap usaha pasti ada baasannya. Kami ingat itu, dan yakin bahwa akan datang keberhasilan apabila ada kerja keras dan kejujuran,” ujarnya.

 
Ternyata membeli sayur di Kota Kupang tidak perlu juga langsung ke pasar, namun bisa menunggu kehadiran mereka di kompleks perumahan anda, untuk membeli jualan mereka dengan harga yang relatif murah. (abdul muis/S-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz